KEUNIKAN KEHEBATAN BELA DIRI KERATON PPS BETAKO MERPATI PUTIH

pps betako merpato putih

Salah satu perguruan pencak silat yang tetap eksis hingga saat ini adalah Merpati Putih (MP). Merpati Putih (MP) adalah salah satu perguruan pencak silat bela diri Tangan Kosong (PPS Betako) dan salah satu aset adat bangsa.
Dari beberapa literatur, ajaran bela diri ini terbentuk kurang lebih tahun 1550-an dan hingga saat ini semakin berkembang pesat. Saat ini MP adalah salah satu anak buah Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) dan Martial Arts Federation For World Peace (MAFWP) dan Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa alias PERSILAT (International Pencak Silat Federation).
Merpati Putih sendiri adalah sebuahsingkatan alias akronim dalam bahasa Jawa, yaitu: Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening yang dalam bahasa Indonesia berarti 'Mencari hingga mendapat Kebenaran dengan Ketenangan'. Diinginkan seorang anak buah Merpati Putih bakal menyelaraskan hati dan pikiran dalam segala tindakannya.
Merpati putih pada awalnya adalah ilmu keluarga Keraton yang diwariskan dengan cara turun-temurun yang pada akhirnya atas wasiat Sang Guru ilmu Merpati Putih diperkenankan dan disebarluaskan dengan maksud untuk ditumbuhkembangkan supaya berkegunaaan bagi negara. Awalnya ajaran ini dimiliki oleh Sampeyan Dalem Inkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Pangeran Prabu Mangkurat Ingkang Jumeneng Ing Kartosuro kemudian disemakinkan ke BPH Adiwidjojo (Grat I). Lalu seusai Grat ke tiga, R. Ay. Djojoredjoso ilmu yang diturunkan dipecah menurut spesialisasinya sendiri-sendiri, seni beladiri Merpati Putih ini memiliki dua saudara lainnya yaitu bergelar Gagak Samudro dan Gagak Seto. Gagak Samudro diwariskan ilmu pengobatan, sedangkan Gagak Seto ilmu sastra. Dan untuk seni beladiri diturunkan terhadap Gagak Handoko (Grat IV).
Dari Gagak Handoko inilah akhirnya turun temurun hingga ke Saring Hadi Poernomo, yang kemudian diturunkan terhadap dua putranya yakni Purwoto Hadi Purnomo (Mas Poeng) dan Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi). Dan saat ini dikenal menjadi PPS Betako Merpati Putih.
Perguruan Merpati Putih hingga saat ini juga tetap mencari keturunan kedua saudara seperguruan mereka, Gagak Samudro dan Gagak Seto. Merpati Putih tetap mencari di tiap daerah di Tanah Air guna menyatukannya kembali ilmu yang terpecah tersebut.
Sang Guru Merpati Putih sendiri adalah Bapak Saring Hadi Poernomo, sedangkan pendiri Perguruan dan Guru Besar sekaligus pewaris ilmu adalah Purwoto Hadi Purnomo (Mas Poeng) dan Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi) sebagai Guru Besar terbaru yaitu generasi ke sebelas (Grat XI).
PPS Betako Merpati Putih awalnya berasal dari seni beladiri keraton. Tergolong di antaranya adalah Pangeran Diponegoro alias Raden Mas Ontowiryo.
Sebelum tahun 1998 Betako Merpati Putih hanya diajarkan untuk Warga Negara Indonesia saja. Tetapi sebab ketertarikan dari luar negeri sangat tak sedikit dan antusias, MP mulai membuka diri untuk menerima anak buah dari luar negeri.
Adalah Nate Zeleznick dan Mike Zeleznick sebagai orang berkulit putih pertama yang diajarkan pencak silat ini pada tahun 1999 dan menjadi Pelatih Merpati Putih Pertama di Amerika untuk umum. Pada awal bulan Oktober 2000 Mas Pung dan Mas Budi meresmikan American School of Merpati Putih yang pertama berlokasi di Ogden City Mall, Utah. MP adalah satu-satunya Pencak Silat yang diselidiki dengan cara ilmiah soal tenaga dalam.
Pada tahun 1995, seorang anak buah PPS Betako Merpati Putih cabang Jakarta Selatan, Mas Eddie Pasar mendapat piagam apresiasi Rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebab mendemonstrasikan menyetir mobil terjauh dari Bogor ke Jakarta dengan mata tertutup. Dalam perguruan merpati putih, performa untuk tetap bisa mendeteksi walau dengan mata tertutup tersebut disebut getaran.
Merpati Putih adalah perguruan pencak silat yang ilmiah, tak ada mantra dan klenik. Semua realitas dan logis. Performa pesilat Merpati Putih mematahkan benda-benda keras semacam kikir, baja, gagang pompa, pipa beton, dan sebagainya didapat dari olah pernapasan,

Keunikan Merpati Putih
Apa yang membikin merpati putih tak sama dengan beladiri lain? Bagaimana Merpati Putih bakal memberi kegunaaan pada nasib saya? keuntungan apa yang bakal saya peroleh?
Ini hanya beberapa pertanyaan yang mungkin ada pada pikiran orang yang berminat. Semuanya sangat penting mengingat bahwa jumlah yang mengagumkan dari publisitas hollywood, perkembangan dari beberapa macam beladiri yang berasal dari Asia dan berpengaruh pada evolusi gaya tarung leluasa di Amerika.
 Jadi, apa yang spesial pada MP? Bagaimana Merpati Putih bisa berkompetisi dengan perguruan beladiri lain yang telah berdiri dan mendapatkan respek yang sama alias bahkan lebih?
Well, Merpati Putih adalah penemuan unik dimana pada latihan kami tak hanya menambah performa fisik, tetapi juga menambah tenaga internal, energi sadar dan tetap tak sedikit lagi. Setidaknya ada dua lingkup mutlak pada performa energi yang membedakan Merpati Putih dari semua beladiri lain yang kini ini diketahui :

Tenaga Dalam (Inner Power)

pematahan balok es rangkap lima
pematahan balok es rangkap lima


Pematahan batang besar balok es, lempeng granit, 5 pipa dragon, 6 susunan beton setebal 10 cm semuanya pada satu nafas adalah sebagian dari kehebatan praktisi Merpati Putih. Ini adalah mungkin dengan pemakaian teknik dari Self-Defense pada MP yang mana anak buah menyalurkan Inner Power-nya dibagian tubuh melewati latihan fisik dan nafas yang cocok. The outrageous Inner Power yang ditimbulkan oleh anak buah MP berasal dari seri khusus pada latihan nafas semacam halnya latihan fisik tetapi belum bisa dijelaskan, tak diketahui, alias unnatural source. Latihan nafas juga memiliki a dobel efek bagi orang yang mempraktekkannya. Ini tak hanya menambah kesehatan fisik dengan cara dramatis, tetapi juga menolong menambah kegunaaan dari sistem kekebalan. Siswa Indonesia telah menunjukkan bahwa penyakit liver, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, asma, beberapa macam alergi dan penyakit lain semacam yang ditimbulkan oleh ketidakseimbangan metabolisme tubuh bisa diperbaiki dengan metode Merpati Putih. Tujuan kami adalah untuk membuktikan dengan cara medis yang mungkin berkegunaaan pada Western Medicine dan menolong memperkuat pengetahuan dengan Western Science dari energi-energi yang halus dan and potensi kegunaaan bagi umat manusia.

Getaran (Vibration Awareness)

getaran mata tertutup
simulasi getaran mata tertutup


Aspek lain dari Merpati Putih yang menunjukkan pada kami perbedaan dengan semua perguruan beladiri lain yaitu pada pemakaian. Semacam pada saat ini, ini bisa dikatakan bahwa di dunia ini hanya pada Merpati Putih metode Getaran/Vibration Awareness diberbagi. Getaran adalah performa alamiah mekegunaaankan energi. Semua materi dibentuk dari atom. Setiap atom bergetar dengan energi. Dengan mempraktekkan getaran, anak buah MP bisa mencapai daya getaran yang lebih kuat, dan performa untuk menerima dan membedakan getaran, sehingga memungkinkan anak buah untuk menambah performa pengliahatan. Melewati software khusus pada latihan getaran, dengan mata tertutup rapat dengan kain alias bahkan orang yang buta sejak lahir bias mengetahuii dan mengidentifikasi bentuk, warna, texture, arah perjalanan, akselerasi, volume, dan komposisi mengenai segala obyek didalam benda. Tak hanya itu, mereka juga sanggup membaca, metulis, melihat TV, alias memakai sebuahkomputer. Saat ini lebih dari 3.000 orang buta di Indonesia telah dilatih Ilmu Getaran Merpati Putih dan saat ini sanggup menjalani nasib mereka dengan merdeka dan bebas. Baru-baru ini Singapura telah mengirim beberapa orang buta ke Jakarta, Indonesia untuk mengikuti latihan Ilmu Getaran Merpati Putih, dan Proyek percobaan juga direncanakan U.S.A. Ilmu Getaran Merpati Putih juga bisa dipakai untuk memugar kembali orientasi dan mobilitas bagi mereka yang telah kehilangan semua alias sebagian dari pengamatan fisik mereka sebab kecelakaan alias dari penyakit penyakit merosot/mundur (degenerative disease) semacam Glaukoma, Retinitis Pigmentosa, dll…
Merpati Putih adalah sebuahorganisasi perguruan pencak silat. Sebuahorganisasi yang didirikan tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai bersama. Setiap anak buah Mp pastinya memiliki motivasi sendiri-sendiri saat ia mendalami keilmuan di MP yang dengan cara umum mereka berharap MP bisa memberbagi kegunaaan sesuai dengan cirri khas yang ada di MP. Untuk mendapatkan kegunaaan tersebut, latihan wajib diperbuat dengan kontinyu dan sistematis. Apabila anak buah berhenti di tengah jalan apalagi tetap di tingkat dasar, ia bakal susah merasakan kegunaaan yang diperoleh dari keikutsertaannya dalam Merpati Putih. Oleh sebab itu, perbuat latihan dengan kontinyu dan terarah untuk mencapai hasil yang maksimal.



Berminat untuk bergabung dengan Merpati Putih.....?
artikel mengenai sejarah beladiri tangan kosong.,