Rangkaian Filter


        Filter merupakan sebuahrangkaian yang dipakai untuk membuang tegangan output pada frekuensi tertentu. Untuk mendesain rangkaian filter bisa dipakai komponen pasif (R,L,C) serta komponen aktif (Op-Amp, transistor). Dengan demikian filter bisa dikelompokkan menjadi filter pasif serta filter aktif. Pada makalah ini bakal dibahas tentang filter pasif serta filter aktif.
Pada dasarnya filter bisa dikelompokkan berdasarkan response (tasumsi) frekuensinya menjadi 4 jenis:


  •  Filter lolos rendah/ Low pass Filter.
  •  Filter lolos tinggi/ High Pass Filter.
  •  Filter lolos rentang/ Band Pass Filter.
  •  Filter tolah rentang/Band stop Filter or Notch Filter.


Filter aktif
        Filter Aktif yaitu filter yang memakai komponen aktif, biasanya transistor alias penguat operasi (op-amp). Kelebihan filter ini antara lain:
Filter aktif memiliki keuntungan dibandingkan filter pasif yaitu :
1. Penguatan serta frekuensinya mudah diatur, selagi op-amp tetap memberbagi penguatan serta sinyal input tak sekaku semacam pada filter pasif. Pada dasarnya filter aktif lebih gampang diatur.

2. Tidak ada persoalan beban, sebab tahanan inputtinggi serta tahanan output rendah. Filter aktif tak memberatkan sumber input.20
3. Harga, umumnya filter aktif lebih hemat dari pada filter pasif, sebab pemilihan variasai dari op-amp yang terjangkau serta tanpa induktor yang biasanya harganya mahal
Berbagai macam filter yang tergolong ke dalam filter aktif merupakan :


  1. Filter Lolos Bawah (Low Pass Filter)


Tapis pelewat rendah alias tapis lolos rendah (low-pass filter) dipakai untuk meneruskan sinyal berfrekuensi rendah serta meredam sinyal berfrekuensi tinggi. Sinyal bisa berupa sinyal listips semacam perubahan tegangan maupun data-data digital semacam citra serta suara.
Untuk sinyal listips, low-pass filter direalisasikan dengan meletakkan kumparan dengan cara seri dengan sumber sinyal alias dengan meletakkan kapasitor dengan cara paralel dengan sumber sinyal. Contoh pemakaian filter ini merupakan pada software audio, yaitu pada peredaman frekuensi tinggi (yang biasa dipakai pada tweeter) sebelum masuk speaker bass alias subwoofer(frekuensi rendah). Kumparan yang diletakkan dengan cara seri dengan sumber tegangan bakal meredam frekuensi tinggi serta meneruskan frekuensi rendah, sedangkan sebaliknya kapasitor yang diletakkan seri bakal meredam frekuensi rendah serta meneruskan frekuensi tinggi.
Suatu filter lolos bawah orde satu bisa dibangun dari satu tahanan serta satu kapasitor. Filter orde satu ini memiliki pita transisi dengan kemiringan -20 dB/dekade alias -6 dB/oktav. Penguatan tegangan untuk frekuensi lebih rendah dari frekuensi cut off merupakan: Av = - R2 / R1 sementara besarnya frekuensi cut off didapat dari: fC = 1 / (2.R2C1)

  • Filter Lolos Atas (High Pass Filter)


High pass filter merupakan tipe filter yang melewatkan frekuensi tinggi, namun mengurangi amplitudo frekuensi yang lebih rendah daripada frekuensi cutoff.Kualitas-kualitas pengurangan untuk frekuensi tak sama-beda untuk tiap-tiap filter ini .Terkadang filter ini disebut low cut filter, bass cut filteratau rumble filteryang juga tak jarang dipakai dalam software audio.High pass filter merupakan lawan dari low pass filter, sertaband pass filter merupakan kombinasi dari high pass filter serta low pass filter.

Filter ini sangat berkegunaaan sebagai filter yang bisa memblokir component frekuensi rendah yang tak diharapkan dari suatu  sinyal komplek saat melalui frekuensi paling atas.
High pass filter yang paling simple terdiri dari kapasitor yang terhubung dengan cara pararel dengan resistor, dimana reistansi dikali dengan kapasitor (RXC) merupakan time constant (?).
Suatu filter lolos bawah orde satu bisa dibangun dari satu tahanan serta satu kapasitor. Filter orde satu ini memiliki pita transisi dengan kemiringan 20 dB/dekade alias 6 dB/oktav. Penguatan tegangan untuk frekuensi lebih tinggi dari frekuensi cut off merupakan: Av = - R2 / R1 sementara besarnya frekuensi cut off didapat dari: fC = 1 / (2.R1C1)

  • Filter Lolos Pita (Band Pass Filter)


Sebuah band-passfilter adalah perangkat yang melalui frekuensi dalam kisaran tertentu serta menolak (attenuates) frekuensi di luar kisaran tersebut. Contoh dari analog elektronik band pass filteradalah sirkuit RLC (a resistor-induktor-kapasitor sirkuit). Filter ini juga bisa dibangun dengan menggabungkan -pass filter rendah dengan -pass filter tinggi .

Band pass filter dipakai khususnya di nirkabel pemancar serta penerima. Manfaat mutlak filter semacam di pemancar adalah untuk membatasi bandwidth sinyal output minimum yang diperlukan untuk memberi tau data pada kecepatan yang diharapkan serta dalam bentuk yang diharapkan. Pada receiverSebuah band pass filter memungkinkan sinyal dalam rentang frekuensi yang dipilih untuk didengarkan, sementara mencegah sinyal pada frekuensi yang tak diharapkan.
Penguatan tegangan untuk pita lolos adalah: Av = (-R2 / R1) (-R4 / R3) Besarnya frekuensi cut off atas didapat dari: fCH = 1 / (2.R1C1) Besarnya frekuensi cut off bawah didapat dari: fCL = 1 / (2.R4C2).

  • Filter Tolak Rendah (Band Stop Filter)



Dalam pemrosesan sinyal, filter band-stop alias band-penolakan filter merupakan filter yang melalui frekuensi paling tak berubah, namun attenuates mereka dalam rentang tertentu ke tingkat yang sangat rendah. Ini merupakan kebalikan dari filter band-pass. Suatu  filter takik merupakan filter band-stop dengan stopband sempit (tinggi hal Q). Notch filter dipakai dalam reproduksi suara nasib (Public Address sistem, juga dikenal sebagai sistem PA) serta instrumen penguat (khususnya amplifier alias preamplifiers untuk instrumen akustik semacam gitar akustik, mandolin, bass instrumen amplifier, dll) untuk mengurangi alias mencegah umpan balik , sedangkan yang berpengaruh nyata kecil di seluruh spektrum frekuensi. band filter membatasi 'nama lain tergolong', 'Filter T-takik', 'band-eliminasi filter', serta 'menolak band-filter'. Biasanya, lebar stopband tak lebih dari 1-2 dekade (yaitu, frekuensi paling atas dilemahkan tak lebih dari 10 hingga 100 kali frekuensi terendah dilemahkan). Dalam pita suara, filter takik memakai frekuensi tinggi serta rendah yang mungkin hanya semitone terpisah..


Filter Pasif

Filter tak sedikit dipakai untuk memberbagi sirkuit semacam amplifier, osilator serta sirkuit power supply karakteristik frekuensi yang diperlukan. Berbagai contoh diberbagi di bawah ini. Mereka memakai kombinasi dari R, L serta C
Induktor serta Kapasitor bereaksi kepada perubahan frekuensi dengan tutorial yang berlawanan. Menonton sirkuit untuk filter lolos rendah, baik LR serta kombinasi CR menunjukkan sudah efek yang sama, tapi perhatikan bagaimana posisi L serta C tempat perubahan dibandingkan dengan R untuk mencapai hasil yang sama


  • Low pass filter





Pass filter tinggi dipakai untuk menghapus alias meredam frekuensi yang lebih rendah di amplifier, khususnya audio amplifier mana ia bisa disebut "BASS CUT" sirkuit.Dalam berbagai permasalahan ini juga bisa diperbuat disesuaikan.


baca juga mengenai macam2 penyekat elektronika