Cara Membikin adaptor / power supply 12 volt sederhana

Mungkin kamu sa'at ini sedang membutuhkan adaptor, cocok sekali kamu berkunjung disini.
Adaptor yang bakal kami buat hari ini bercatu daya 12 volt DC, yang bisa memasok arus maksimal 1 amper. Kini kamu tak butuh membeli ditoko sebab kami bisa membikinnya sendiri dengan bajet yang terjangkau meriah. Kalau kamu membeli yang telah sehingga dari toko tentu sedikit terlalu mahal.
Nah, Kini ini Kamu bisa membikin power supply 12 volt DC, sangat mudah serta terjangkau!
Dulu Aku butuh power supply DC 12 volt ini untuk proyek saya yaitu membikin saklar lampu teras rumah otomatis yang membutuhkan catu daya DC 12 volt.
Kalian juga bisa menggantinya dengan nilai 6,9 dan 12 Volt.

Berikut ini merupakan langkah-langkahnya ;

Langkah 1: Komponen yang diperlukan

Siapkan Komponen berikut ini untuk membikin power supply DC 12 Volt ;
- PCB bolong
- Empat buah diode1N4001
- IC Regulator LM7812
- Transformer yang mempunyai output 15V - 35v AC dengan arus output antara 250mA hingga 1A, tergantung berapa tak sedikit kekuatan yang Kamu butuhkan. (Saya memakai suatu  transformator 15V/500mA dari bekas radio yang rusak).
- Elco 1000uF - 4700uF / 16 volt
- Elco 1uF/16v
- Condensator ceramic 100nF
- Kabel / kawat jemper (saya memakai berbagai kawat polos sebagai kabel jumper) Heatsink (pilihanonal).

Anda bisa memperoleh komponen sebagian besar (mungkin semua) dari bekas radio tape dll.

Langkah 2 : Alat alat yang diperlukan

Anda juga bakal memerlukan alat untuk membikin power supply ini. alat2 yang diperlukan merupakan :

- Solder
- Tenol / Timah
- Pemotong kawat,
- Pengupas kawat kabel
- Penyedot timah
- Lem bakar (Untuk menahan komponen ke bawah serta membikin catu daya fisik yang kuat serta kokoh.) Serta berbagai alat lainnya yang mungkin sangat menolong. Okay, saya pikir langsung kami mulai saja dari skema.

Langkah 3 : Skema Rangkaian

Apabila Kamu ingin catu daya 5 volt, kamu hanya lumayan mengganti LM7812 dengan IC LM7805 regulator. Lihat Datasheet untuk IC LM7805
Apabila Kamu memakai trafo lebih dari 1 amp dari catu daya ini, Kamu wajib memasang pendingin / heatsink untuk ic regulator, apabila tak maka ic regulator bakal menghasilkan panas sangat tinggi mungkin lama kelamaan bisa terbakar.
Tetapi, apabila Kamu hanya memakai trafo berbagai ratus milliamps (lebih rendah dari 500mA) dari itu, Kamu tak butuh memasang pendingin / heatsink untuk ic regulator, tapi mungkin hanya sedikit hangat saja.
Disini saya saya juga meningkatkankan LED untuk memastikan power supply bekerja. Kamu bisa meningkatkankan LED apabila Kamu mau.

Langkah 4 : Merangkai di PCB

Nah, kini membaca skema serta merangkai power supply di PCB!
Apabila Kamu tak tahu bagaimana tutorial membaca skema, Kamu mungkin bisa menonton di artikel berikutnya.
Pastikan Kamu memperoleh sambungan solder yang baik serta tak ada solder jembatan bisa terjadi hubung singkat. solderlah dengan rapi serta hati hati...

Langkah 5 : Tes Power Supply

Seusai Kamu berakhir merangkai power supply ini diPCB. Anda, bisa mengujinya dengan mengukur memakai multimeter Anda. Sebelum diuji pastikan dulu solderan serta jalurnya telah betul alias belum, barulah perbuat pengujian.
Seusai Kamu uji, taruhlah power supply ini dalam kotak plastik alias sesuatu yang pas untuk melindungi dari guncangan faktor hal yang tak diharapkan. Ingat!!! jangan mengoperasikan listips semacam yang saya perbuat, itu sangat berbahaya sebab tegangan listips pada transformator langsung dari listips PLN, Faktor ini bisa saja Kamu alias seseorang bakal memperoleh sengatan listips!
Power supply yang saya miliki seusai saya ukur mempunyai tegangan output sebesar 11.73 volt, selisih sedikit tak terlalu kurang baik, sebab tetap mampu untuk mengoperasikan relay.

==Dan Power supply siap dipakai==

Untuk skema rangkaianya dibawah ini

sekema rangkaian power suplay